Pages

blog ini berisi tentang informasi sekitar perkuliahaan

Peran staregis Manajemen Sumber Daya Manusia

Selasa, 13 Desember 2016

Peran Strategis MSDM

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sebelum manusia diturunkan ke bumi Allah telah menciptakan bumi ini terlebih dahulu, ini berarti bahwa Allah telah menyiapkan bebagai macam komponen di muka bumi ini yang dapat digunakan untuk melangsungkan kehidupan manusia. Di bumi manusia dapat melakukan berbagai macam aktivitas untuk melangsungkan kebutuhan hidupnya, baik makan, minum, tidur, bekerja, dan melakukan aktivitas keseharian lainnya. Setiap aktivitas maupun kegiatan yang kita lakukan haruslah sesuai dengan ketentuan Al-qur-an, seperti bekerja dalam berdagang, bekerjalah dengan baik, profesional, tidak melakukan perbuatan penipuan untuk mendapatkan keuntungan, tidak menindas kaum lemah, dan perbuatan-perbuatan lainnya yang dapat merugikan pihak lain. Pada intinya dalam bekerja tidak menyalahi ketentuan agama.
Al-qur’an memberikan pedoman bagi seluruh umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia untuk mendapatkan kehidupan yang yang indah di akhirat kelak. Allah menyediakan suatu tempat yang bernama bumi ini secara gratis yang dapat dikelola oleh manusia. Di bumi tersebut banyak sekali sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk dikelola oleh manusia. Bayangkan saja jika di bumi tidak ada sumber daya alam yang dapat dikelola untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, pastinya manusia akan hidup terkantung-kantung dan kelaparan. Begitu murahnya Allah kepada kita sudah menyediakan alam dan kita hanya mengelolanya saja. Jadi begitu pentingnya sumber daya alam bagi manusia untuk melangsungkan kebutuhan hidupnya. Dengan kecerdasan akal pikiran yang dimiliki oleh manusia, manusia sebagai penguasa (pemimpin) mampu mengelola sumber daya alam ini dengan sebagai mana mestinya untuk kemaslahatan umat bersama.
Di era kehidupan saat ini pemanfaatan sumber daya alam yang dikelola oleh manusia dapat menjadikan tolak ukur kemajuan suatu daerah maupun suatu negara. Jika suatu daerah atau negara mampu mengoptimalisasi sumber daya alam yang ada, seperti tambang minyak, tambang emas, dan dari perut bumi lainnya, lalu hasilnya digunakan untuk kepentingan umat bersama, maka masyarakatnya pun akan dapat tercukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan jika masyaraktnya tercukupi kebutuhan hidupnya, maka kamajuan suatu daerah atau suatu negara pun akan dapat terwujud.
Dari gambaran di atas, dapat kita lihat kenyataan permasalahan sekarang yang dihadapi antara manusia dengan alam. Manusia tidak mengoptimalkan kekayaan alam yang ada, manusia tidak mampu mengolah kekayaan alam yang ada, justru malah yang ada manusia merusak alam yang ada. Dengan cara berbagai macam tindakan seperti menggali bahan tambang yang ada di perut bumi, lalu kemudian keuntungan materilnya dipergunakan untuk kepentingan individu saja, atau bisa dikatakan “korupsi”. Padahal jika keuntungan materil tersebut dipergunakan untuk kepentingan orang banyak pasti akan menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat luas. Manusia sebagai khalifah di muka bumi ini semestinya dapat memimpin dirinya sendiri untuk tidak mengikuti nafsu pribadinya, namun kenyataannya manusia itu memang serakah, tidak cukup satu, dua, atau tiga, bahkan semuanya akan dikuasai, inilah penyebab kerusakan di muka bumi ini dan inilah permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini. Sesuai dengan judul makalah, kami sabagai penulis ingin menyalurkan pengetahuan beserta opini kami terhadap sumber daya alam perspektif Al-Qur’an ditinjau dari segi sosial.

Manusia adalah sumber daya karena manusia (tenaga, pikiran, waktu) dapat dimanfaatkan untuk memenuhi manusia lain (melaksanakan program kegiatan organisasi guna mencapai tujuan organisasi). Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Jadi, manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan institusi/organisasi. Selanjutnya, MSDM berarti mengatur, mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimum. Karenanya, MSDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen (Management Science) yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin dan mengendalikan.
 

Most Reading

Sidebar One